-->
  • SUNBURN PADA TAMAN CABAI

    HATI-HATI TANAMAN CABAI RUSAK KARENA PANAS BERELEBIH (SUNBURN) PENYAKIT AKIBAT ABIOTIK 

    Sengatan sinar matahari atau sinar UV bukan hanya berbahaya bagi kulit kita, akan tetapi juga berbahaya bagi tanaman. Salah satu tanaman yang memiliki dampak dari Sengatan matahari berlebih adalah tanaman cabai. Beberapa tahun terakhir ini gejala kerusakan akibat matahari sudah muncul. Bentuk kerusakan pada buah cabai itu bentuk buah yang kering coklat seperti tersirsam air panas. Tapi buah cabai tidak busuk hanya berbentuk coklat dan kulit buah menipis. Kerusakan akibat sengatan matahari ini bisa di sebut petani kena petir, karena ada garis butuh seperti kena petir di buah cabai.

    Tanaman terkena sengatan matahari

    Kerusakan akibat sengatan matahari ini sebenarnya sangat merugikan petani, karena buah yang terdengar matahari gosong dan rusak. Sebenernya buah yang rusak akibat ini bisa matang dan merah akan tetapi yang tersengat matahari tidak bisa warna merah. 

    Petani juga mengira Kerusakan buah ini akibat dari antraknosa atau patek. Jika kita melihat itu ternyata tidak ada jamur yang mengingkari, namun di beberapa kasus ada juga yang kena penyakit, jadi khusus di sini setelah kena sengatan matahari berlebih kemudian kulit buah semakin menipis sehingga dan mudah terserang penyakit tentunya Antraknosa.

    Pencegahan yang bisa dilakukan adalah penyemprotan dengan calsium karbona, karena kalsium karbonat bisa mengurangi suhu akibat dari matahari. Selain itu juga penggunaan kalsium juga berguna untuk mempertebal kulit buah sehingga cukup tahan terhadap sengatan matahari.

    Penggunaan antitranspiran juga bisa mengurangi penguapan pada daun atau buah. Selain mengurangi penguapan juga bisa memperkecil stomata sehingga tanaman tidak mudah kehilangan air.

    Belum Banyak penelitian tentang akibat sengatan matahari ini sehingga banyak petani, mengira kalau ini di sebabkan penyakit. Akibat sengatan matahari ini sifatnya tidak menyebar akan tetapi jika matahari terus panas maka akan terus terdapat ada kerusakan.

    Untuk petani juga jika ada gejala seperti yang ada di gambar jangan panik, segera saja pelapisan dengan calsium atau dengan kapur putih agar mengurangi suhu yang ada di lahan. Atau jika cuaca panah sering-sering di lakukan pengairan di lahan agar suhu lahan turun.


  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

Pengikut

Powered by Blogger.