-->
  • Jenis tanaman yang di tanam di lahan pekarangan

    Jenis tanaman yang di tanam di lahan pekarangan






    Lahan Pekarangan

    Pekarangan biasanya merupakan tanah yang  berdekatan dengan  bangunan. Jika bangunan itu adalah rumah, maka disebut taman rumah. Taman dapat terletak di bagian depan, belakang atau samping  bangunan, tergantung seberapa luas lahan yang tersedia setelah digunakan untuk bangunan utama. 

    Menanam tanaman di kebun bukanlah hal baru. Penggunaan tersebut telah lama dipraktekkan, terutama di daerah pedesaan. Namun, seiring berjalannya waktu, kebiasaan ini semakin ditinggalkan, dan banyak pertanian di pedesaan menjadi tidak terpakai, terbengkalai, dan tandus.Saat ini, masyarakat perkotaan  menanam  tanaman hias, tanaman toga, dan tanaman sayur dan buah. minat menggunakan kebun saya dengan menanam berbagai jenis tanaman. 

    Pekarangan adalah area yang relatif kecil, tidak seperti lahan pertanian pada umumnya. Hal ini berhubungan langsung dengan penghuni rumah dan memainkan peran yang sangat kompleks. Oleh karena itu, penggunaannya dalam produksi tanaman harus direncanakan agar dapat berfungsi secara optimal baik dari segi hasil panen maupun kegunaan lain di dalam rumah. Banyak sekali banyak tanaman yang bisa ditanaman mulai dari tanaman tahunan sampai dengan tanaman semusim.

    Jenis-Jenis Tanaman Lahan Pekarangan

    1. Sayur-sayuran

    Sayuran terutama dapat ditanam di kebun. Hasilnya bisa digunakan tidak hanya di meja makan di rumah, tapi juga bisa dijual jika panennya banyak. Sayuran yang dipilih dengan cermat dengan nilai jual tinggi dan sayuran yang tidak tersedia di pasar. Bagi yang senang berkebun, kegiatan budidaya ini bisa menjadi peluang yang menjanjikan dan menguntungkan.
    sayuran yang ditanam di lahan pekarangan sebaiknya tanaman yang umurnya pendek dan cukup sulit di temukan di pasar, sayur yang bisa di tanam di lahan pekarangan seperti selada kriting, pakcoy, Pare, Timun dan sebagainya. Dalam memilih tanaman yang akan di tanam sebaiknya disesuaikan dengan kondisi Iklim, Lingkungan dan Kondisi cuaca.

    2. Rempah-rempah (Toga)

    Tanaman obat yang ditanam di kebun sering juga disebut TOGA (tanaman obat keluarga). Tumbuhan obat adalah tumbuhan yang sebagai obat herbal dapat memberikan manfaat atau khasiat tertentu untuk masalah kesehatan ringan. Penggunaan tanaman obat ini tidak hanya digunakan sebagai tanman obat saja akan tetapi juga bisa sebagai bumbu masakan. kita ketahui jikalau masakan indonesia sangat akan kaya dengan bumbu. Dengan membudidayakan tanaman obat atau rempah-rempah untuk bumbu ini, dapat menekan biaya pembelian obat serta bumbu masakan. Contoh tanaman obat yang cocok ditanam di pekarangan adalah lidah buaya, kumis kucing, jahe, kunyit, kemangi, dan pandan. Namun, Anda juga bisa memilih tanaman obat lain yang mungkin lebih dibutuhkan oleh keluarga.

    3. Tanaman Buah

    Pohon buah-buahan juga bisa ditanam di kebun. Buah yang dihasilkan bisa dimakan apa adanya atau dijual. Tanaman buah-buahan relatif lebih mudah tumbuh daripada tanaman sayuran, tetapi membutuhkan waktu lebih lama untuk panen. Pohon buah-buahan biasanya membutuhkan ruang yang cukup untuk tumbuh, sehingga bisa ditanam langsung di kebun dengan luas lahan yang cukup, tetapi dalam sistem tablapot (pohon buah dalam pot) menggunakan drum atau wadah yang cukup besar juga bisa.Contoh pohon buah-buahan yang cocok untuk berkebun adalah tomat, strawberry, jeruk, pepaya, semangka, melon, anggur, jambu biji, pisang, jeruk nipis dan lengkeng. Pohon buah-buahan cenderung tumbuh selama musim hujan dan kemarau. Pemupukan yang tepat dan teratur diperlukan selama budidaya agar tanaman berbuah lebih awal.


  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

Pengikut

Powered by Blogger.