-->
  • Harga Pupuk Organik

     Harga Pupuk Organik

    Alat Uji Pupuk organik

    Pupuk Organik

    Pupuk organik adalah bahan pembenah tanah yang terbuat dari bahan-bahan organik yang berasal dari alam. Biasa dari berbahan seperti tumbuhan atau sisa-sisa sampah dapur yang bisa terjadi penguraian. Pupuk organik biasa baik digunakan untuk menciptakan pertanian berkelanjutan.
    Pupuk organik biasa terbuat dari kotoran hewan seperti kotoran kambing, sapi, kelinci dan sebagainya. Selain kotoran hewan pupuk organik juga bisa terbuat dari air kencing hewan. 
    Dalam pembuatan pupuk organik di perlukan proses dekomposer atau Fermentasi agar bisa memperkaya unsur hara dalam pupuk, selain memperkaya unsur hara juga Fermentasi juga mempercepat proses pelapukan pupuk Kandangan bahan-bahan sisa tanaman.

    Jenis-jenis pupuk organik

    Pupuk organik itu di bagi dua yaitu pupuk organik padat dan Cair. Pupuk organik padat biasanya fermentasi tanpa menggunakan air yang banyak sehingga pupuknya kering dan bentuk butiran. Selain pupuk organik padat ada juga pupuk organik cair yang pembuatan di berikan tambahan air yang banyak dalam fermentasi. Dekomposer kedua pupuk organik ini adalah EM4 atau MoL dan bisa juga menggunakan PGPR.
    Proses dekomposer untuk waktunya bisa berbeda-beda tergantung dari bahan pembuatan pupuk organik. Proses dekomposer yang paling cepat biasa hanya berbahan dasar dari pupuk kandang saja akan tetapi unsur hara yang didapat terbatas hanya dari pupuk kandang. 

    Biaya proses pembuatan pupuk organik 

    Biaya pembuatan pupuk organik padat cenderung lebih murah dari pada pupuk non organik. Bahan yang harus di beli hanya pupuk kandang dan bahan- bahan lainnya bisa di cari bekas-bekas sisa tumbuhan. Harga kotoran hewan itu bisa di beli dengan harga 1000 perkilo. Sedangkan harga pupuk organik jika membuat secara mandiri hanya mencapai 1500 perkilo.
    Jika tidak mau repot biasa ada banyak orang yang membuat dan menjual pupuk organik. Harga pupuk organik biasa di jual karungan dengan berat 20 kg dengan harga 20.000 per karung. 

    Harga Pupuk organik

    Dalam Pembuatanya sebaiknya pupuk organik ini membuat sendiri karena dalam budidaya pertanian berkelanjutan itu mengandung konsep sisa tumbuhan yang tidak di pakai harus di kembalikan kepada tempatnya. namun jika kalian tidak sempat membuat pupuk organik ada banyak penjulan pupuk organik. namun harga pupuk organik jika membeli relatif malah berikut ini jenis-jenis pupuk organik dan harganya
    • pupuk magot biasa harganya Rp 4000 per kg atau Rp 25000/ karung
    • pupuk organik dari limbah rumah tanggal itu harganya mulai dari Rp 2000-10000 per kg.
    • untuk pupuk organik cair mulai dari harga Rp 1.000 - Rp 100.000 Perbotol
    Harga-harga pupuk itu berbeda-beda harganya tergantung dari bahan dan kandungan di dalamnya, biasa pupuk organik yang agak malah pupuk yang mengandung agensi hayati atau bakteri baik. bakteri baik tersebut dapat sebagai imunitas dari tanaman agar tidak mudah terserang hama dan penyakit.
    Harga pupuk tersebut cenderung lebih murah dibandingkan dengan pupuk kimia terutama pupuk kimia non subsidi, pupuk kimia non subsidi bisa mencapai Rp 500.000 - Rp 800.000 per karung atau bisa mencapai Rp 5.000 per kg.
    Bagi teman-teman sebaiknya dalam pemupukan itu membuat pupuk secara mandiri karena suatu saat nanti pupuk kimia subsidi ini tidak akan di subsidi lagi oleh pemerintah.
  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

Pengikut

Powered by Blogger.