-->
  • Alat Pelindung Diri (APD) Pertanian

    Pertanian merupakan sektor yang paling penting dalam menjaga keamanan pangan suatu negara. kebutuhan pangan juga terus meningkat sehingga banyak petani yang terus berusaha untuk meningkatkan hasil panennya. Meningkatkan hasil panen ini tidak semuda membalikan telapak tangan, banyak sekali faktor ekternal yang membuat hasil panen petani ini menurun. Faktor yang sering sekali dikeluhkan oleh petani ini adalah hama dan penyakit. Pengendalian hama dan penyakit dunia pertanian tidak terlepas dari bahan-bahan kimia yang sudah banyak dijual di toko pertanian.
    Penggunaan bahan-bahan kimia untuk mengusir hama dan penyakit dalam pertanian sudah hal yang wajar, akan tetapi banyak sekali hal negatif yang disebabkan dari bahan-bahan kimia. Hasil pertanian yang banyak menggandung bahan kimia. Petani yang mengaplikasikan bahan kimia ini juga bisa terkena dampaknya apabila tidak menggunakan alat pelindung diri (APD). Lalu apa sih alat pelindung diri apabila sedang mengaplikasikan bahan kimia dalam dunia pertanian.
    1. Masker: Masker ini berguna agar bahan kimia tidak terhidup oleh petani, selian menghidari bahan kimia terhidup juga bisa menjaga agar bahan kimia tidak masuk atau tertelan dalam mulut.
    2. Sarung tangan karet: Sarung tangan karet ini berguna agar bahan kimia tidak terkena kulit secara langsung, kerena kita tidak tahun kan apa kandungan bahan kimia tersebut mungkin bisa membuat kulit alergi.
    3. sepatu boot: Penggunaan alas kaki ini berguna agar tehindari dari menginjak sesuatu yang berbahaya pada kaki seperti pecahan kaca, hewan berbisa, paku dan lain-lain, akan tetapi penggunaan sepatu boot itu tidak belaku apabila pengaplikasiannya di lahan yang berlumpur karena akan menyebabkan sulit bergerak.
    4. Topi: alat pelindung diri di kelapa adalah topi selain berguna untuk melindungi dari sengatan matahari, juga berguna apabila ada sesuatu di atas kepala kita bisa mengurangi kecelakaan kerja. yang jautuh kan bisa berupa ranting pohon yang jatuh atau buah yang jatuh dari atas
    5. Kacamata: Pengunaan kacamata ini bisa pada saat pengaplikasian bahan kimia yang di semprot untuk melindungi mata kita tekena percikan bahan kimia pada mata.
    6. Baju dan Selana Lengan Panjang: Pengunaan baju dan celana lengan panjang ini agar kulit kita terkena bahan kimia, selain kulit tidak terpapar bahan kimi juga bisa mencegah dari gigitan serangga yang dapat membahayakan.
    Alat Pelindung Diri (APD) ini berguna mencegah hal-hal yang tidak dinginkan seperti keracunan atau tergigit hewan-hewan berbahaya. Petani yang tidak menggunakan alat pelindung diri (APD) akan merasakan dampaknya pada suatu saat nanti, sudah banyak contohnya seperti banyak petani yang menerita buta, asma, penyakit kulit dan masih banyak lainnya yang di sebabkan karena pengaplikasian bahan-bahan kimia yang tidak menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) dalam pengaplikasian bahan-bahan kimia untuk budidaya tanaman.

  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

Pengikut

Powered by Blogger.