-->
  • Pencegahan Penyakit PMK pada Hewan ternak


    Penyakit mulut serta kuku( PMK) merupakan penyakit peradangan virus yang bertabiat kronis serta sangat meluas pada hewan berkuku genap/ belah. Penyakit ini diisyarati dengan terdapatnya pembuatan vesikel/ lepuh serta erosi di mulut, lidah, gusi, nostril, puting, serta di kulit dekat kuku.

    PMK memiliki kemampuan buat terjalin serta menyebar ke populasi hewan rentan di Indonesia. Penyebaran secara kilat terjalin sebab kemudian lintas hewan serta produknya, kendaraan serta barang yang terkontaminasi virus PMK. Buat kurangi akibat serta meminimalkan penyebaran PMK, hingga dibutuhkan keahlian deteksi serta diagnosa PMK yang kilat dan pengendalian kemudian lintas hewan rentan serta produknya ke wilayah lain yang masih leluasa. 

    Menurut pejelasan ditjen PKH kementan yang menjadi pontesi penuralan PMK pada hewan ternak adalah sebagai berikut:

    1. Penularan sering terjadi ketika hewan ternak sehat terkena kontak langsung dengan hewan yang terinfeksi virus yang menyebakan PMK. 
    2. Penularan PMK bisa di sebabkan oleh pakan, air dan peralatan kandang yang sudah terinfeksi dengan virus PMK. Paparan virus bisa berasal dari air susu, urin, kotoran, air liur dan leleran luka dari ternak yang terserang PMK. 
    3. Selain sumber penularan antar hewan peternak juga bisa sebagai pembawa virus untuk hewan tersebut, seperti pakaian kotor, alas kaki kotor, dan kendaran masuk kandang sudah terkontaminasi virus penyebab PMK. 
    4. Produk hasil ternak yang sudah terinfeksi kuman atau virus seperti daging dan susu kemudian tidak dimasak dengan sempurna dan menjadi pakan hewan lain menjadi berpontesi menularkan kepada hewan sehat.
    5. Angin juga bisa menyebakan infeksi pada hewan sehat, karena patogen virus PMK ini bisa menyebar melalui angin, ketika angin yang terkontaminasi ini di hirup oleh hewan sehat akan menyebakan PMK. Penyerbaran dengan menggunakan angin ini di perkiran mencapai radiun 10 kilometer.
    PMK ini memang tidak menular pada manusia akan tetapi PMK ini bisa menyebakan kerugian pada peternak bahkan bisa menyebakan perubahan ekonomi. Hewan yang sudah terserang PMK ini tidak bisa dijual produknya seperti susu atau daging terutama untuk pasar eskpor. Pencegahan Penyakit PMK pada Hewan ternak

  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

Pengikut

Powered by Blogger.