-->
  • Hidroponik

     

    Zaman sekarang siapa sih yang ngak mengenal dengan tanaman hidroponik? Semua orang pasti akan tau dengan sistem penanaman tanpa tanah ini, terutama daerah perkotaan yang sudah tidak ada lahan pertanian lagi yang bisa digunakan. Hidroponik adalah salah satu solusi pertanian perkotaan yang tidak harus menggunakan tanah sebagai media tanamnya. Ada yang menggunakan rokwoll, sekam, batu, sabut kelapa dan masih banyak lagi. Tapi hidroponik yang cukup sering di gunakan masyarakat adalah hidroponik dengan menggunakan media tanam air. Jenis hidroponik yang sering di pakai seperti NFT, Airoponik, dan masih banyak lagi. Namun perlu kalian ketahui tidak semua jenis tanaman bisa di tanam dengan sistem hidroponik yang menggunakan air sebagai media alirannya. Lalu jenis tanaman seperti apa yang mudah di gunakan untuk di tanam.

    Sebenarnya semua tanaman bisa di tanam dengan sistem hidroponik ini akan tetapi jenis hidroponik dan media tumbuhnya yang berbeda. Nah untuk jenis hidroponik NFT ini biasa tanaman yang sering digunakan adalah jenis tanaman atau sayuran yang hasil panennya diambil dalam bentuk daun seperti kangkung, bayam, sawi dan masih banyak lagi. 



    Iya kenapa sih orang suka bertanam hidroponik. Selain tadi karena lahan pertanian yang sudah menyempit, penanaman dengan sistem hidroponik ini memiliki keunggulan:

    1. Tanaman mudah dirawat karena terkontrol.
    2. Terhindar dari hama dan penyakit
    3. Tanaman lebih bersih karena tidak terkena dengan tanah.
    4. Pengaturan tanaman lebih mudah
    5. Bisa di tanam di lahan yang sempit dan bisa menghasilkan sayur atau hasil panen yang maksimal.
    Banyak bukan, keunggulan dari sistem tanam hidroponik ini, selain ada keunggulan pastinya sistem tanam hidroponik ini memiliki kelemahan yaitu

    1. Biaya perawatan yang cukup mahal
    2. Biaya investasi cukup besar
    3. Harus selalu menggunakan listrik.

    Ya namanya juga usaha pasti ada kelebihan dan kelemahan, yang penting bagaimana kita bisa mengurangi kelemahan tersebut bila perlu kelemahan tersebut menjadi peluang usaha. Ini hanya opini saya bila ada yang kurang silahkan komen ya




  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

Pengikut

Powered by Blogger.