-->
  • Bintil akar Kacang-kacangan Rhizobium sp.


    bintil akar kacang tanah

    Siapa disini yang pernah menanam jenis tanaman kacang-kacangan baik itu kacang tanah, kacang panjang, kedelai dan masih banyak lagi. Tanaman kacang-kacangan merupakan tanaman yang menguntungkan bagi tanaman lain dan dapat memperbaiki struktur tanah atau unsur hara dalam tanah. Kenapa Tanaman kacang-kacangan dapat memperbaiki tanah karena tanaman kacang-kacangan memiliki bintil akar yang mengandung bakteri Rhizobium sp. 

    Bintil akar

    bintil akar atau rhizobia adalah bakteri rizosfir yang bisa memberikan penambahan nitrogen melalui nitrogen melalui simbiosis dengan tumbuhan kacang-kacangan. nutrisi yang di serap oeh banteri rhizobium itu akan digunakan oleh tumbuhan untuk membatu fotosintesis. rhizobium ini memiliki kemapuan untuk mefiksasi nitrogen sehingga banyak yang memanfaatkan sebagai pupuk hayati. Pupuk hayati dari rhizobium baik digunakan pada komoditas pertanian, terutama untuk lahan pertanian organik karena memiliki sedikit residu pada tanah. Selain itu penggunaan bahan kimia yang berlebihan saat ini bisa menyebabkan kerusakan pada struktur tanah dan untuk memperbaiki hal tersebut di perlukannya waktu yang lama dan biaya yang tidak sedikit. Untuk mengurangi hal tersebut penanam tanaman kacang-kacang salah satu solusi untuk memperbiki sturktur tanah dan mengurangi biaya pengeluaran.

    baca juga: Cara pemupukan Kacang tanah

    Secara universal, tanaman mengambil nitrogen dalam wujud nitrat( NO3-), nitrit( NO2-), serta amonia( ataupun ion amonium, NH4+) dari cairan tanah. banteri rhizobium menolong tanaman buat mengikat nitrogen leluasa( N2, diazo) di udara lalu mereduksi jadi amonia, buat setelah itu diasimilasi jadi asam amino( penyusun protein), nukleotida( penyusun DNA serta RNA), serta senyawa- senyawa lain semacam vit, flavon, serta fitohormon. Proses ini terjalin di dalam sel- sel bintil pangkal, tepatnya di simbiosom, sesuatu ruang spesial dalam sel yang terbebas dari oksigen sebab oksigen diikat oleh senyawa mirip myoglobin pada hewan yang diucap leghemoglobin( diucap demikian sebab rupanya pula kemerahan). Tenaga buat reduksi disediakan oleh malat, selaku produk langsung pemecahan sukrosa. 

  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

Pengikut

Powered by Blogger.