-->
  • Sejarah Pertanian Perkotaan

    SEJARAH PERTANIAN PERKOTAAN

    Pertanian perkotaan tidak hanya terkait dengan pemenuhan bahan pangan masyarakat di perkotaan. Pertanian perkotaan terkait pula dengan aspek lingkungan, kenyamanan, dan estetika serta keindahan (Yudi et al. 2015). Pertanian perkotaan atau dan pendistribusian bahan pangan, produk kehutanan dan hortikultura yang terjadi di dalam dan sekitar perkotaan (Smith, 1996; Bailkey dan Nasr, 2000).

    Pertanian perkotaan sudah terkenal khususnya di Indonesia sendiri, nah pernah bertanya ngak kapan sih pertanian perkotaan sejak kapan ada di indoensia. Sedangkan di dunia sejarah pertanian perkotaan berasal dari. Taman Gantung Di Mesopotamia (Irak Kuno), Wall Gardening Di Persia Kuno, Terasering Machu Picchu Dataran Tinggi Andes Di Peru

    Taman Gantung Di Mesopotamia (Irak Kuno),

    Taman Gantung Di Mesopotamia (Irak Kuno)


    Wall Gardening Di Persia Kuno

          Terasering Machu Picchu Dataran Tinggi Andes Di Peru

    Nah itukan sejarah di dunia,  dimana sih pertanian perkotaan diterapkan di indonesia. Sejarah pertanian perkotaan di Indonesia seperti artikel yang ditulis oleh Suryana (2005), menjelaskan perkembangan pertanian/perkebunan buah-buahan di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, dengan kejadian mirip dengan banyak kota lain di Indonesia. Tersirat dalam artikel tersebut bahwa pertanian perkotaan di daerah Pasar Minggu, Jagakarsa, Lenteng Agung dan sekitarnya tidak direncanakan khusus untuk pertanian perkotaan. Akibat dari perkembangan kota telah menyisihkan penduduk asli di Jakarta dan telah mengubah wilayah pertanian yang luas menjadi perumahan, pusat perdagangan, perkantoran dan fasilitas lainnya.

    Pertanian perkotaan ini sangat cepat berkembang di negara maju, negara belanda salah satu negara maju yang menerapkan pertanian perkotaan. Belanda, 33% dari total produksi pertanian diperoleh dari pertanian perkotaan. Selain belanda ada Di kota Amerika Serikat telah dilaksanakan, terutama penggunaan lahan tidur. D berbagai negara bagian Amerika Serikat telah menggulirkan program untuk memanfaatkan lahan tidur dan ruang publik untuk dijadikan kebun komunal (community gardens). Masih banyak lagi negara-negara maju yang menerapkan pertanian perkotaan mulai dari inggris, rusia, jepang dan china. Dengan begitu indonesia juga harus lebih intensif lagi menerapkan pertanian perkotaan untuk mendukung ketersedian bahan pangan bagi masyarakat.

    Baca Juga: cara Bertanama vertikultur

  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

Pengikut

Powered by Blogger.