-->
  • Kelebihan Bertanam VertiKultur

    Kelebihan Bertanam Vertikultur

    Vertikultur berasal dari bahasa inggris yaitu vertical dan culture. Vertikultur merupakan tekbik bercocok tanam di ruang/lahan sempit dengan memanfaatkan bidang vertikal sebagai tempat bercocok tanam yang di lakukan secara bertingkat. Kegunaan dari bertanam teknik vertikultur adalah untuk memanfaatkan lahan sempit secara optimal. Bertanam teknik vertikultur juga mudah dilakukan, tingkat kesulitan tergantung pada model dan sistem tambahan yang digunakan seperti irigasi tetes. Bertanam vertikultur juga tidak hanya sebgai sumbar bahan pangan akaten tetapi juga dapat menciptakan suasana yang alami dan asri.

    Kelebihan dari pertanian dengan sistem vertikultur adalah:

    1. Efisisen dalam penggunaan lahan: karena bentuknya vertical atau ke atas sehingga  lahan yang digunakan untuk budidaya dengan sistem vertikultur tidak menggunakan lahan yang luas.
    2. Pengehamatan pemakaian pupuk dan pestisida: karena selalu di monitoring karena mudah montoring sehingga penggunaan pupuk dan pestisida dapat di kurangan, sebab hama dan penyakit yang ada pada tanaman di di kendalikan dengan cara mekanik yaitu mengambilnya secara langsung.
    3. Dapat di pindahkan dengan mudah karena tanaman di letakan dalam wadah tertentu.
    4. Mudal dalam perawatan atau pemeliharaan tanaman: perawatan tanam merupakan sauatu hal yang sangat penting dalam bercocok tanam, budidaya dengan sisitem vertikultur ini memiliki kemudahan dalam perawatan karena betuk wadah yang kecil vertikal ke atas sehingga perawatan tanaman dapat di lakukan dengan mudah.
    5. Dapat di lakukan dalam atau luar ruanngan: bentuk yang kecil dan tidak memakan tempat yang banyak sehingga vertikultur bisa di letakan di mana saja baik itu di dalam ruangan maupun di luar ruangan asalkan asupan sinar matahari yang cukup bagi tanaman.

    Vertukultur pada umunya berbentuk persegi panajng, segitiga dan atau bentuk mirip anak tangga. bahan dalam pembuatan vertikultur dapat berupa bambu, pupa paralon, talang air, kaleng bekas dan bahkan lembaran karung. Persyaratan bahan yang digunakan untuk vertikulur adalah kuat dan mudah di pindah-pindahkan. Tanaman yang di anam juga sebainya sesuaikan dengan kebutuhan ekonomis tiinggi, berumur pendek dan berakar pendek.

  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

Pengikut

Powered by Blogger.