-->
  • Pangan Fungsional, Plasma Nutfas dan Simlisia


    Pangan Fungsional, Plasma Nutfas dan Simlisia
    Pangan fungsional adalah pangan yang karena kandungan komponen aktifnya dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, di luar manfaat yang diberikan oleh zat-zat gizi yang terkandung di dalamnya. Pangan fungsional harus memenuhi persyaratan sensori, nutrisi dan fisiologis(I ketut suter, 2013). Sedangkan tanaman fungsional adalah semua tanaman yang mengandung bahan kimia tau komponen bahan aktifnya bisa di gunakan sebagai obat atau memiliki manfaat bagi kesehatan. Contohnya jahe, mengkudu, wortel, dan tomat.
    kebun plasma nutfas adalah suatu hamparan kebun yang semua jenis tanamannya bisa di kembangbiakan atau di perbanyak semua bagian tanamannya. Plasma nutfah juga merupakan koleksi sumber daya genetik yang berupa keanekaragaman tumbuhan, hewan atau jasad remik untuk tujuan yang luas. Sastrapraja (1992) menyatakan bahwa plasma nutfah adalah substansi yang terdapat pada suatu kelompok makhluk hidup yang merupakan sumber sifat keturunan yang dapat dirakit untuk menciptakan jenis unggul atau kultifar yang baru.
    Manfaat dari plasma nutfas ini adalah 1) akan mendapatkan bibit yang unggul 2) tidak ada pencampuran dari jenis tanaman lain 3) akan terus lestarinya tanaman yang ada 4) Akan menciptakan diversifikasi Tanaman pangan atau yang lainnya 5) keaekaragam Tanaman 6) menciptakan atau mendapatkan tanaman tahan hama penyakit
    Contoh kebun plasma nutfas adalah 1) kebun plama nutfas pisang 2) kebun raya bogor 3) kebun buah mekar sari 4) kebun plasma nutfas nanas 5) kebun plasma nutfas perkebunan tebu.
    Simplisia adalah bahan alam yang digunakan sebagai bahan sediaan herbal yang belum mengalami pengolahan apapun dan kecuali dinyatakan lain simplisia merupakan bahan yang telah dikeringkan (Ditjen POM, 2005). Atau simplisia merupakan bahan yang berasal dari alam yang di gunakan sebagai bahan obat akan tetapi tidak mengalami pengolahan terlebih dahulu. Simplisia ini di bagib atas beberapa jenis yaitu simplisia nabati, simplisia Hewan dan simplisia mineral.  Contoh simplisia nabati yaitu kayu manis, teh hijau, daun stevia, dan mahkota dewa, contoh simplisia hewani adalah madu dan minyak ikan, Dan untuk contoh simplisia mineral yaitu serbuk seng dan serbuk tembaga (Gunawan, 2010).


  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

Pengikut

Powered by Blogger.