-->
  • INFUSED WATER JERUK MINUMAN SEGAR PENINGKAT IMUN TUBUH


    INFUSED WATER JERUK MINUMAN SEGAR PENINGKAT IMUN TUBUH 


    Jeruk dengan nama latin Citrus sp merupakan tanaman dari asia terutama china, namun sudah sejak ratusan tahun lalu jeruk sudah terkenal di indonesia. Siapa yang tidak mengenal buah jeruk yang rasanya manis sedikit asam dan ada juga yang memiliki rasa sangat masam. Di indonesia sudah sangat banyak sekali jenis buah jeruk dari yang rasanya manis hingga yang rasanya asam. Menurut balitjestro Jenis-jenis buah jeruk seperti keprok, siam, pamelo, jeruk manis, jeruk nipis, jeruk lemon, dan jeruk purut. Setiap jenis jeruk memiliki banyak varietas yang paling banyak Indonesia adalah keprok, siam dan pamelo. Setiap jeruk memiliki karakteristiknya masing-masing terutama pada rasa buahnya seperti halnya jeruk keprok dan siam yaitu memilki rasa manis, untuk jeruk yang memiliki rasa masam adalah jeruk lemon dan jeruk nipis. Dengan berbagai karakteristik rasa tentu memiliki kegunaan yang berbeda misalnya saja jeruk keprok yang memiliki rasa manis sedikit masam bisa diolah menjadi jus, bahan tambahan masak atau juga dikonsumsi langsung. Jeruk lemon dan nipis dengan karakteristik rasa buah yang masam biasanya diolah terlebih dahulu tidak bisa dikonsumsi langsung. Olahan dari jeruk nipis atau lemon adalah infused water, sirup dan bahan tambahan masakan atau kecantikan.

    Banyak olahan dari buah jeruk akan tetapi untuk anak muda atau anak kekinian mungkin akan ribet untuk mengolah buah jeruk dan agak males mengolahannya terutama jeruk nipis dan lemon karena proses pengolahannya yang panjang. Dengan terus berkembangnya zaman buah jeruk bisa diolah dengan sederhana dan memiliki manfaat besar bagi kesehatan, salah satu olahan sederhana yang sering dibuat olah anak muda kekinian yang menjaga hidup sehat adalah infused water.

    Infused water adalah minuman masa kini yang sudah menjadi tren anak muda yang memiliki gaya hidup sehat. Infused Water sering juga di sebut spa water merupakan air putih yang diberi tambahan potongan buah-buahan yang didiamkan hingga sari buahnya keluar, biasanya air tersebut didiamkan selama 4-12 jam serta untuk menambah kesegaran minuman tersebut akan di simpan di lemari es, agar menjadi dingin sehingga memberikan cita rasa, beraroma dan terasa segar pada air putih yang di konsumsi sehingga menjadi lebih sehat.  

    Namun demikian, bukan berarti infused water akan terasa manis seperti jus atau sari buah, sebab pembuatan infused water tanpa gula maupun zat aditif lainnya. Dan inilah yang menjadi keunggulan infused water yang berbeda dengan air minum biasa, karena infused water merupakan air putih beraroma dan memiliki rasa yang alami dari buah namun memiliki vitamin yang baik bagi kesehatan. Bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan infused water biasanya terdiri dari buah-buah segar seperti jeruk( jeruk keprok, Jeruk Manis, Jeruk Lemon, dan jeruk lemon), strowberi, apel, anggur, kiwi, delima dan mentimun. Buah-buah yang digunakan dalam pembuatan infused water biasanya yang mengandung vitamin C yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh dan mempunyai aktivitas antioksidan untuk manangkal radikal bebas dalam tubuh.

    Jeruk adalah salah satu buah yang baik digunakan sebagai infused water karena jeruk mangandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C adalah komponen tambahan makanan yang berperan penting dalam gizi manusia. Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang larut dalam air. Karena jeruk memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga sangat baik dibuat infused water terutama buah jeruk nipis atau lemon. Kebutuhan vitamin C pada manusia menurut kemenkes adalah 90 mg untuk laki-laki dewasa sedangkan untuk wanita dewasa yaitu 75 mg.

    Menurut Kritanto (2013) dalam 100 gr buah lemon mengandung 40-58 gr vitamin C, ini merupakan kandungan Vitamin C sebelum buah lemon diolah menjadi infused water. Setelah diolah menjadi inpused water manurut penelitian Trisnawati dkk (2018) dalam 200 ml air dan buah lemon 100 gr dengan perendaman 5 jam mengandung 4,69 % vitamin C. Kandungan tersebut lumayan tinggi untuk mencukupi kebutuhan vitamin C pada Tubuh. Namun, untuk menambah tinggi kandungan Vitamin C pada infused water biasanya tidak hanya satu buah yang di pakai seperti jeruk saja akan tetapi diberikan tambahan lain seperti Kiwi, strowbery, anggur, apel, daun mint dan mentimun. Menurut penelitian Harifah dkk, tentang kandungan antioksidan pada infused water yang menggabungkan beberapa buah menyebutkan bahwa vitamin C gabungan buah jeruk lemon dan anggur hitam adalah 172,48 mg/100 g, selain itu gabungan jeruk nipis dan anggur hitam memiliki kandungan vitamin C 135,52 mg/100 g. Dengan kandungan vitamin C pada infused water tersebut maka cukup untuk menjaga ke butuhan vitamin C pada tubuh.

    Kebutuhan vitamin C ini sangatlah penting bagi kesehatan vitamin C memiliki fungsi sebagai sistem kekebalan tubuh, misalnya untuk menangkal flu dan mencegah infeksi pada telinga. kekurangan vitamin C maka akan mengakibatkan anemia, kulit kering, pendarahan internal yang terjadi pada bagian mata, radang gusi, menurunnya sistem imun, sulit menyembuhkan luka, nyeri otot, dan mudah memar.


  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

Pengikut

Powered by Blogger.